Author Topic: [Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V  (Read 54371 times)

Offline biersongzzz

  • Newbie
  • *
  • Posts: 10
    • View Profile
    • Email
Permisi kk/cc GM, Bier numpang izin share Formasi dan Strategi.
Semoga diizinkan ya. ^.^_V
Terutama buat temen-temen semua yang lagi bingung nyari Formasi dan Strategi yang cocok.
Disini Bier mau berbagi sedikit, bukan berarti menggurui tapi kita saling berbagi aja ya. hee. ^.^_V
Bier juga masih dalam tahap mencari Formasi dan Strategi yang cocok sesuai pasangannya.
Yuk mari kita bahas satu-persatu.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1). Formasi 4-4-2
"Garis pertahanan depan dan belakang sangat dekat, garis lini depan dan garis pertahanan depan agak jauh. Cocok digunakan oleh tim yang kecepatan lini depannya tinggi atau perlawananannya bagus."
>>> Sesuai penjelasannya diatas, Bier memperkirakan bahwa lini belakang/bertahan (RB, LB dan CB) posisinya dekat dengan lini tengah/gelandang (RMF, LMF dan CMF). Lalu, pemain lini depan/penyerang (CF) posisinya agak jauh dengan lini tengah/gelandang (RMF, LMF dan CMF). Dan yang terakhir adalah CF haruslah memiliki pemain dengan tingkat kecepatan yang tinggi.
>>>Kalo Bier bisa gambarin hampir sama kayak begini nih...^.^_V
        [LB] [LMF]
        [CB] [CMF]    [CF]
[GK]--     -        ---
        [CB] [CMF]    [CF]
        [RB] [RMF]                     
>>>Taktik yang ga asing kalo temen-temen sering nonton Liga Inggris yaitu rebut bola dengan cepat dan alirkan bola kedepan dengan cepat. Walau sekarang sudah banyak perubahan dari gaya bermainnya. ^.^_V Hampir bisa dibilang, kalo taktik ini butuh CF yang tipikal cepat -1-, CMF, RMF dan LMF sebagai pemain gelandang murni alias yang bisa support CFnya (menyerang dan bertahan seimbang) -2-, dan paling penting adalah garis pertahanan (RB, CB dan LB) yang bisa merebut bola dengan cepat dan mengumpannya langsung ke depan -3-.
>>>Kelebihan : bagus untuk CF yang bertipikal cepat.
>>>Kelemahan : kurang cocok bagi CF yang bertipikal Strenght/kekuatan.

2). Formasi 4-3-2-1
"Taktik ini terbentuk dari bagian tengah lapangan ke depan, lini tengah menjadi pusat serangan. Lebih cocok untuk tim yang mempunyai gelandang tengah yang bagus, dan kemampuan penyerang yang menonjol tapi kemampuan tim dalam membongkar pertahanan lawan menjadi berkurang untuk formasi ini."
>>>Sesuai penjelasan diatas Bier memperkirakan bahwa formasi ini sangat membutuhkan seorang gelandang dan penyerang yang sangat handal alias super. ^.^_V karena dengan formasi ini, aliran bola lebih bergulir di bagian tengah lapangan (CMF dan AMF). Dan tugas berat bagi CMF dan CFnya untuk membongkarnya, sudah tentu harus pemain yang paling menonjol diantara pemain lainnya. ^.^_V
>>>Gambaran sekilasnya kayak begini deh.
        [LB]   [LMF]
        [CB]             [AMF]
[GK]--     --[CMF]--       --[CF]
        [CB]             [AMF]
        [RB]   [RMF]                   
>>>Taktik yang juga tak kalah tenarnya dengan taktik 4-4-2. Bedanya adalah, 4-4-2 lebih mengutamakan kecepatan dalam merebut bola dan secepat mungkin untuk mencetak gol, sedangkan 4-3-2-1 lebih mengutamakan pada pengendalian bola di lapangan tengah dan penyerang. Sudah barang tentu jarak antar lini (Bertahan, Gelandang dan Penyerang) tidak terlalu jauh sehingga aliran bola bisa cepat dialirkan perlahan kedepan. Yup, layaknya taktik "tiki-taka" milik Barcelona (walau Barcelona lebih sering menggunakan "False 9"/formasi tanpa CF/formasi dengan CF palsu) namun agak sedikit berbeda. Bisa dikatakan, harus ada 2 pemain inti yang berlevel super yaitu CMF dan CF. ^.^_V
>>>Kelebihan : koordinasi tim lebih kolektif alias bermain bersama antar lini.
>>>Kekurangan : menyerang sedikit berkurang intensitasnya alias jarangnya menyerang bila CF kurang bisa menerobos pertahanan lawan dan CMF kurang bisa mensuply bola kedepan (CF dan CMF "Single Fighter"/bekerja keras sendiri).

3). Formasi 4-3-3
"Karena posisi dikedua sisi lapangan, formasi ini lebih menonjol dalam menyerang sehingga pertahanannya menjadi lebih lemah. Cocok digunakan oleh tim yang kuat di sektor sayap/winger dan mempunyai koordinasi yang bagus.
>>>Sesuai dengan penjelasan diatas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini sangat efektif dalam menyerang karena formasi ini memiliki 3 orang CF yang berkerja ekstra dan haus akan mencetak gol dan memiliki winger 3 orang pemain tengah (CMF, RMF dan LMF) yang terus mensuply bola kepada 3 orang CFnya. Sayangnya dengan penyerangan yang sangat super ini, mengakibatkan pertahanan menjadi sedikit terbuka. Mungkin pedomannya adalah "pertahanan yang baik adalah penyerangan yang baik"... hee ^.^_V
>>>Gambaran sekilasnya kayak gini deh.
        [LB]   [LMF]
        [CB]              [CF]
[GK]--     --[CMF]--[CF]
        [CB]              [CF]
        [RB]   [RMF]           
>>>Taktik ini juga salah satu taktik yang menjadi favorit bagi tim-tim yang memiliki gaya menyerang. Layaknya Barcelona yang menggunakan "False 9", permainan ini terfokus mulai dari lini tengah sampai depan berlaku sebagai pemain yang bertipikal menyerang. Bedanya adalah, pemain tengah/gelandang (RMF, CMF dan LMF) haruslah pemain yang bisa bergerak bebas di bagian tengah yaitu untuk naik ke depan untuk mensuply bola kepada penyerangan dan turun menjemput bola dari pemain bertahan karena mereka bertigalah yang menjadi kunci bagi para penyerang/CFnya untuk membobol gawang lawan.
>>>Kelebihan : sudah pasti dalam menyerang sangatlah efektif alias banyak menciptakan peluang untuk mencetak gol.
>>>Kelemahan : beban pertahanan menjadi lebih besar dan bisa dikatakan seimbang dengan penyerangannya maka perlu pemain bertahan yang berlevel super.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Berlanjut...

Post Merge: April 14, 2013, 03:32:56 PM
4). Formasi 4-1-3-2
"Posisi pemain tengah depan dan pemain tengah belakang dalam formasi ini, membuat garis dalam tim  menjadi lebih dekat. Lebih cocok untuk tim yang skillnya ok karena kalau hanya ada pemain tengah di belakang, beban pertahanan lebih besar dan perlu pemain bertahan yang kemampuan bertahannya sangat menonjol."
>>>Sesuai dengan penjelasan diatas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini antar lininya menjadi sangat dekat yaitu antara pemain bertahan (RB, CB dan LB) dengan DMF, lalu DMF kepada winger (RMF/LMF), winger kepada AMF dan AMF kepada penyerang/CF. Jadi taktik ini lebih bisa mengurangi resiko kehilangan bola karena hampir di semua lini terisi oleh para pemain. Namun, taktik ini butuh pemain bertahanan yang sangat bagus. Dan sudah barang tentu jika skill menjadi salah satu fokus bagi para pemain gelandang dan penyerang.
>>>gambaran secara sekilasnya kayak gini deh.
       [LB]          [LMF]
       [CB]                             [CF]
[GK]-      -[DMF]-       -[AMF]-
       [CB]                             [CF]
       [RB]          [RMF]
>>>Kalau untuk formasi yang satu ini sangat begitu jarang dilihat dalam persepakbolaan. Tapi diluar sangat jarang digunakannya taktik ini, formasi ini adalah formasi bagi tim yang menginginkan adanya pertahanan dan penyerangan tambahan yaitu pada DMF dan AMF dan taktik ini biasa dikatakan sebagai "Trisula" pertahanan dan penyerangan. Lebih jelasnya, mengapa dikatakan "Trisula" yaitu :
Posisi 2 CB dengan 1 DMF membentuk "Trisula" pertahanan -1-, posisi 1 DMF dengan RMF dan LMF membentuk "Trisula" pertahanan bertipikal suply bola -2-, posisi RMF dan LMF dengan 1 AMF membentuk "Trisula" penyerangan bertipikal suply -3-, dan 1 AMF dengan 2 CF membentuk "Trisula" penyerangan -4-. Dapat dikatakan taktik ini mengutamakan kesempurnaan bagi tiap lininya untuk saling menopang pertahanan dan penyerangan. ^.^_V
>>>Kelebihan : jarak antar lini lebih dekat, sehingga beban pertahanan dan penyerangan menjadi seimbang dengan adanya tambahan 1 gelandang serang dan bertahan.
>>>Kelemahan : Sudah barang tentu koordinasi antar lini pemain haruslah besar alias skillnya merata sama besarnya. hee ^.^_V

5). Formasi 4-2-3-1
"Dalam formasi ini ada 2 gelandang bertahan di bagian tengah. Pada waktu menyerang bisa melakukan koordinasi melalui lapangan tengah, lini depan harus lebih jeli dalam memanfaatkan kesempatan. Cocok digunakan pada tim dengan kemampuan passingnya diatas rata-rata.
>>>Sesuai penjelasan diatas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini menggunakan 2 pemain gelandang bertahan (DMF) tambahan untuk pertahanan dan pemain penyerang (CF) haruslah memiliki skill yang bagus untuk memanfaatkan peluang dalam mencetak gol dari passing yang diberikan oleh pemain tengah atau pemain bertahan.
>>>Gambaran sekilasnya kayak begini deh.
       [LB]           [LMF]
       [CB] [DMF]
[GK]-     -        -   -   -[AMF]-[CF]
       [CB] [DMF]
       [RB]           [RMF]
>>>Nah, untuk formasi yang satu ini pasti udah ga asing lagi dong ? ^.^_V taktik yang sekarang digunakan oleh Real Madrid yaitu pertahanan sempurna dan kemudian menyerang cepat. Formasi ini bisa dikatakan sebagai kombinasi dari formasi 4-4-2 yang memiliki kecepatan, 4-1-3-2 yang memiliki 4 "Trisula" dan 4-3-2-1 yang memiliki skill ok pada penyerangnya. Passing langsung ke lini depan/penyerang (CF) -1-, pertahanan (2 DMF) dan penyerangan (AMF) tambahan di lini tengah/gelandang -2- dan penyerang (CF) yang mampu membongkar pertahanan-3-.
>>>Kelebihan : pertahanan menjadi lebih kokoh karena adanya tambahan 2 pemain gelandang bertahan (DMF).
>>>Kekurangan : penyerangan menjadi berkurang, maka perlu penyerang (CF) yang super.

6). Formasi 5-3-2
"Dalam garis pertahanan ada seorang sweeper/libero bisa menghalau serangan sehingga pertahanan menjadi lebih kuat. Untuk menyerang butuh dukungan pemain dari sisi sayap dan lini depan, di barisan ada seorang pemain yang bergerak bebas (libero)".
>>>sesuai penjelasan diatas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini mengutamakan pada permainan bertahan yang kokoh. Terlebih lagi pemain CB tengah yang menjadi pemain paling belakang dan yang paling dekat dengan GK untuk menghalau serangan. Tapi dari sisi penyerangan membutuhkan 2 orang pemain sayap yang terus bergerak bebas untuk menciptakan peluang dan sudah pasti menjadi beban yang sangat berat bagi gelandang tengah (CMF) untuk memberikan bola terus ke lini depan seorang ini entah itu kepada pemain sayap/winger dan penyerang.
>>>Gambaran sekilasnya kayak begini deh.
          [LB]      [LMF]
          [CB]                [CF]
[GK]-[CB/SW]--[CMF]--
          [CB]                [CF]
          [RB]      [RMF]
>>>Formasi ini juga termasuk salah satu formasi yang sangatlah langka digunakan, tapi formasi ini sekarang coba digunakan oleh Juventus. Hanya saja bedanya adalah, formasi Juventus tidak menggunakan pemain sayap/winger. Pada formasi ini pertahanan menjadi sangatlah kokoh tapi ada sedikit kekosongan di lini tengah, Sehingga dalam menyerang sangat mengandalkan pada penyerangan sisi sayap/winger yang kemudian mensuply kepada penyerang (CF).
>>>Kelebihan : pertahanan yang super karena adanya 3 orang bek tengah (CB).
>>>Kekurangan : menyerang menjadi berkurang dan terlebih lagi pada posisi pemain gelandang tengah yang kurang dalam hal suply bola (Dari CMF ke CF).

7). Formasi 5-2-2-1
"Dengan posisi berbentuk tangga di lapangan tengah, dua pemain lini tengah merupakan pertahanan kokoh (2 gelandang bertahan) tapi agak lemah dalam menyerang. Dalam menyerang membutuhkan bantuan dari lini belakang, kemampuan bertahan dari kedua sisi lapangan harus lebih tinggi. Bisa dikatakan formasi ini merupakan pengembangan dari formasi 3-5-2. Dalam tim jika tidak ada pemain AMF yang lebih kuat, jumlah pemain menyerang akan menutupi lapangan tengah sehingga koordinasi tim jadi kurang".
>>>Sesuai penjelasan di atas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini menggunakan pertahanan yang lebih super dibandingkan formasi 4-3-2. Karena dalam bertahan membutuhkan 2 pemain gelandang (CMF) untuk bertahan dan sudah barang tentu bila pemain penyerang (CF) dan pemain sayap/winger (RMF, LMF) menutupi kekurangan dari sisi kosong di lini tengah yang ditinggalkan pemain gelandang (CMF) untuk bertahan. Namun dalam menyerang, maka perlu adanya bantuan dari pemain belakang/bertahan baik itu dari RB/LB ataupun CB untuk mensuply bola kedepan. Dan penempatan posisi pemain paling hebat dalam bertahan ditempatkan pada posisi RB/LB. ^.^_V
>>>Gambaran sekilasnya kayak begini deh.
       [LB]    [LMF]
       [CB]   [CMF]
[GK]-[CB]--        --[CF]
       [CB]   [CMF]
       [RB]    [RMF]
>>>formasi ini terlihat seperti 5-4-1 dimana terfokus pada pertahanan kokoh karena sudah cukup dengan memiliki 1 CF yang haus akan gol dan 2 pemain sayap (RMF, LMF) yang mensuply bola kepada penyerang CF. Dan tak banyak tim yang menggunakannya dalam tiap pertandingan, namun formasi ini digunakan bagi tim yang memiliki pertahanan yang kurang bagus di bandingkan pemain lawan yang bertipikal menyerang untuk kemudian menyerang balik melalui 3 orang yang bergerak bebas yaitu RMF, LMF dan CF.
>>>kelebihan : Pertahanan yang ketat, bisa dikatakan 7 pemain bertahan dan 3 orang menyerang (kecuali kiper/GK).
>>>kelemahan : menyerang menjadi sesuatu yang sangat sulit, maka CF haruslah pemain yang super.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Berlanjut...

Post Merge: April 14, 2013, 03:35:03 PM
8 ). Formasi 3-1-4-2
“Dalam formasi ini tidak ada posisi pertahanan belakang dibagian sisi. Pertahanan mengandalkan bantuan dari penguasaan lapangan tengah dan gelandang bertahan, menyerang mengandalkan bantuan dari gelandang bertahan dan jumlah pemain di lapangan tengah. Lebih cocok digunakan oleh tim dengan kemampuan pemain sayap yang menonjol, gelandang bertahan harus memiliki kemampuan menyerang, kemampuan passing gelandang serang juga harus sangat menonjol.
>>>Sesuai penjelasan diatad, Bier memperkirakan bahwa formasi ini sangat memanfaatkan kemampuan dari pemain di lini tengah baik itu dalam hal menyerang ataupun bertahan. Dalam hal ini, pemain gelandang (CMF) harus memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang bagus, kemampuan gelandang serang (AMF) juga haruslah sangat bagus untuk menciptakan peluang bagi penyerang (2 CF).
>>>gambaran sekilasnya kayak begini deh.   
                [LMF]
       [CB]            [AMF] [CF]
[GK]-[CB]--[CMF]-       -
       [CB]            [AMF] [CF]
                [RMF]
>>>Siapa yang tidak tau tentang taktik ini ? Ya, taktik yang sekarang di populerkan kembali oleh Juventus. Hampir sama seperti taktik 5-3-2, bedanya adalah taktik ini tidak menggukan pemain bertahan sayap (RB/LB). Bila kita melihat permainan Juventus saat ini, pemain sayap/winger dan gelandang (CMF) menjadi pemain yang serba bisa alias pemain yang mampu bertahan dan menyerang.
>>>Kelebihan : penguasaan lapangan menjadi lebih tangguh dengan adanya 2 gelandang menyerang (AMF) untuk mensuply bola.
>>>Kelemahan : bila pemain gelandang tengah (CMF) dan sayap/winger (RMF/LMF) kurang memiliki kemampuan untuk menyerang dan bertahan maka akan lebih mudah untuk ditembus barisan pertahanannya dan begitu pula dalam hal menyerang.

9). Formasi 3-2-3-2
“Dalam formasi ini, gelandang bertahan harus memiliki kemampuan menjaga kedua sisi lapangan. Koordinasi penyerangan diserahkan kepada gelandang tengah/gelandang serang dan fokus pertahanan dimulai di setengah lapangan lawan. Cocok digunakan oleh tim dengan pemain sisi level super”.
>>>Sesuai dengan penjelasan diatas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini adalah formasi pertahanan pada sisi tengah dimana ada 5 pemain yang bertipikal bertahan. Pertahanan tengah sangat kokoh yang kemudian memberikan bolanya kepada pemain sayap (RMF/LMF), gelandang serang (AMF) dan penyerang (CF) untuk mencetak gol. Posisi 2 pemain gelandang bertahan (DMF) di tugaskan untuk dapat pula menjaga sisi lapangan pada saat diserang.
>>>Gambaran sekilasnya kayak begini deh.
                        [LMF]
       [CB]  [CMF]                   [CF]
[GK]-[CB]-        -   -   -[AMF]-
       [CB]  [DMF]                   [CF]
                        [RMF]
>>>Formasi ini juga sangatlah jarang digunakan dalam persepakbolaan, namun formasi ini digunakan untuk menghalau serangan yang berasal dari tengah dan menyerang terfokus pada bagian tengah lapangan tanpa menghiraukan pemain sayap/winger. Setengah lapangan kebelakang adalah bertahan -1- dan setengah lapangan ke depan adalah menyerang. Jadi dapat dikatakan bahwa ada dua sisi permainan yang sangat terfokus yaitu fokus bertahan (bagian belakang) dan menyerang (bagian depan).
>>>Kelebihan : karena sudah memiliki tugasnya masing-masing, maka tiap pemain hanya perlu fokus pada bertahan atau menyerang, sesuai dengan posisinya berada dimana. Setengah lapangan kebelakang atau setengah lapangan kedepan.
>>>Kekurangan : karena hanya fokus pada menyerang dan bertahan, maka ada sisi yang hilang yaitu sisi transisi yaitu suply bola di lapangan tengah tidak ada.

10). Formasi 3-4-3 (3 lini tengah)
“Di sekitar kotak pinalti ada 3 penyerang, sehingga kemampuan menyerang lebih tinggi tapi kemampuan operan pendek di lini depan harus sangat bagus. Jumlah pemain lini belakang jadi berkurang, sehingga beban pertahanan menjadi sangat besar, lebih cocok digunakan oleh tim yang mempunyai penguasaan lapangan tengah yang kuat. Karena serangan dan pertahanan tidak seimbang, jadi formasi ini biasanya digunakan pada detik-detik terakhir dalam menyerang.
>>>Sesuai penjelasan diatas, Bier memperkirakan bahwa formasi ini sangat menonjol dalam menyerang. Sudah barang tentu ada kekurangan pada sisi pertahanannya yang menyisakan 3 orang pemain. Maka dalam hal ini pemain tengah/gelandanglah yang bertugas untuk mengendalikan bola agar tetap mengalir di tengah lapangan yang kemudian di suply kepada penyerang dan tidak membuat bola tersebut kembali kebelakang atau diserang.
>>>gambaran formasinya kayak begini deh.
       [LB]   [LMF]
                [CMF]   [CF]
[GK]-[CB]--        --[CF]
                [CMF]   [CF]
       [RB]   [RMF]
>>>Untuk formasi ini juga tak kalah jarangnya digunakan oleh tim dalam sepakbola karena sangat jarang ada tim yang menginginkan menyerang lebih dengan mengorbankan pertahanan. Maka dalam formasi ini membutuhkan pemain gelandang (RMF, LMF dan CMF) yang mampu mengendalikan bola dengan sangat bagus dan mampu bergerak bebas ke depan untuk menyerang dan ke belakang untuk bertahan yang kemudian mengoper bola kepada 3 orang penyerang (CF) yang posisinya berdekatan. Dalam hal ini butuh penyerang (CF) yang mampu mengumpan dalam jarak yang sangat dekat kepada penyerang (CF) lainnya.
>>>Kelebihan : memiliki penguasaan bola di lini tengah yang sangat bagus dan menyerang sangat sering.
>>>Kelemahan : sudah tentu dari sisi pertahanan, maka perlu 3 pemain bertahan yang sangat super bertahannya untuk dapat menutupi kekurangan dari pertahanannya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Berlanjut...
« Last Edit: April 14, 2013, 03:35:03 PM by biersongzzz »
Salam kenal aja ya.
Woles/Sabar itu harus, 3M (Murah Meriah Muntah), Yang penting main ajib.
Salam hangat BierSong.

Offline paramore.riot

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #1 on: April 16, 2013, 01:59:56 AM »
noce post

Offline @FreeDaymonD

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #2 on: April 20, 2013, 12:41:16 PM »
cara ganti formation ny gmn gan??

bantu info nya

Offline April

  • Ninja
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 740
    • View Profile
    • Email
Re: [Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #3 on: April 22, 2013, 02:43:48 PM »
cara ganti formation ny gmn gan??

bantu info nya

hai kk FreeDaymonD,

kk bisa klik "formasi>>strategi default", nanti akan ada pilihan formasi dan strategi yang kk bisa pakai, untuk formasi tambahan bisa didapatkan dengan menyelesaikan lapangan hijau dan Liga inggris

Offline tristan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 8
    • View Profile
    • Email
Re: [Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #4 on: April 25, 2013, 10:12:57 AM »
waow banyak x formasi yg bisa dipakai :o :o :o

Offline prast79a

  • Newbie
  • *
  • Posts: 3
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #5 on: April 25, 2013, 11:04:11 AM »
hmm 1 pertanyaan . terkadang player ga sesuai posisi dan powernya lbh bagus, Pengaruh ga pd penempatan. contoh M.Pedersen [lmf] power 118 di cf kan jd 124. pengaruh pd formasi?

Offline Manajer Amatir

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #6 on: May 31, 2013, 08:27:41 PM »
strategi yang cocok untuk formasi 3-4-3 lini tengah apa'an ya..???
tolong dijwab ya....

Offline Manajer Amatir

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #7 on: May 31, 2013, 08:27:43 PM »
strategi yang cocok untuk formasi 3-4-3 lini tengah apa'an ya..???
tolong dijwab ya....

Offline saddamuzumaki

  • Newbie
  • *
  • Posts: 26
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #8 on: July 07, 2013, 10:23:28 AM »
gue saddamfc23

Offline jumedi151

  • Pendatang Baru
  • Newbie
  • **
  • Posts: 13
    • View Profile
    • Email
Re: [Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #9 on: July 08, 2013, 02:57:45 AM »
Gan Kan Klo PeMain SalAh PosIsi Powr KuRanG BanYak.... : :-\

Offline Manchester-United

  • Newbie
  • *
  • Posts: 1
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #10 on: August 15, 2013, 12:36:45 PM »
Bagi Bago Gold gratis dong??

Offline NEXUSFC

  • Newbie
  • *
  • Posts: 3
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #11 on: August 17, 2013, 09:14:26 AM »
.

Offline NEXUSFC

  • Newbie
  • *
  • Posts: 3
    • View Profile
    • Email
[Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #12 on: August 17, 2013, 09:14:31 AM »
.

Offline rhieyan1932

  • Newbie
  • *
  • Posts: 2
    • View Profile
    • Email
Re: [Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #13 on: March 24, 2014, 09:23:07 AM »
di formasi kaga ada tulisan default broo,,ane bru lvl 43,,oh ya sekalian tanya syarat mendapatkan misi paul gmn ??mohon bantuannya

Offline Splinter

  • Ninja
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 1281
    • View Profile
    • Email
Re: [Share] Formasi Dan Strategi Dalam Memainkan Taktik Formasi ^.^_V
« Reply #14 on: March 25, 2014, 01:09:50 PM »
di formasi kaga ada tulisan default broo,,ane bru lvl 43,,oh ya sekalian tanya syarat mendapatkan misi paul gmn ??mohon bantuannya
Halo kaka,

syarat mendapatkan misi paul kk harus mencapai level 41 ya... :) :)